Pages

Tuesday, February 5, 2019

Angkasa Pura II Bakal Kelola 3 Bandara di Sumatera Tahun Ini

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyerahkan pengelolaan tiga bandara di Sumatera ke PT Angkasa Pura II (Persero) pada April atau Mei 2019 mendatang.

Ketiga bandara tambahan yang akan dioperasikan AP II, yaitu HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, Radin Inten II di Lampung, dan Fatmawati Soekarno di Bengkulu.

Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan penyerahan ini dilakukan melalui pola Kerjasama Pemanfaatan (KSP) Aset Barang Milik Negara selama 30 tahun.

Baca: Jadi Ornamen Wajib Saat Imlek, Lampion Punya Makna Harapan dan Kebahagiaan

Menurutnya, pola kerjasama tersebut akan menghemat APBN karena pendanaan investasi pengembangan dan pengoperasian bandara akan bersumber dari kas internal AP II.

"Capital expenditure (belanja modal) dan operational expenditure (belanja operasional) tiga bandara itu akan berasal dari AP II, sehingga pemerintah memiliki pilihan untuk menggunakan APBN guna membangun infrastruktur lainnya," kata Awaluddin dalam keterangan resmi yang diterima Tribunnews.com, Selasa (5/2/2019).

Baca: Rezeki Petugas UPK, Temukan Ikan Arwana Senilai Rp 10 Juta Saat Bersihkan Kali Item

"Kami sangat menyambut baik kerjasama dengan pola KSP ini sebab dapat mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia demi kepentingan masyarakat. Pemerintah juga akan mendapat pendapatan tetap, pembagian keuntungan, dan penambahan aset baru, serta tetap memiliki aset eksisting bandara tersebut," sambungnya.

Investasi untuk Pengembangan Bandara

Awaluddin mengatakan, AP II sudah memiliki rencana pengembangan di tiga bandara tersebut.

Persero telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) rencana kerja sama pengalihan pengelolaan Bandar Udara Internasional HAS Hanandjoeddin pada 21 September 2018 lalu.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/02/05/angkasa-pura-ii-bakal-kelola-3-bandara-di-sumatera-tahun-ini

No comments:

Post a Comment