Pages

Tuesday, September 4, 2018

Kondisi Kawasan Gunung Bromo setelah Dilanda Kebakaran

TRIBUNNEWS.COM - Gunung Bromo merupakan destinasi wisata populer di Jawa Timur. Beragam hal menarik bisa kita temui di sana. Lautan pasir satu di antaranya.

Tak hanya itu, di area sekitar Gunung Bromo memiliki padang rumput atau sabana yang sekaligus dijadikan spot foto menarik.

Namun, tanggal 1 September 2018, keindahan itu sirna. Pegunungan di kawasan TNBTS dilanda kebakaran hebat hingga mencakup total 65 hektar lahan.

Dikutip Grid.id pada artikel "Kebakaran di Gunung Bromo: Rumput Kering, Angin Kencang, dan Medan Jadi Penyebab Api Sulit Dipadamkan" Senin (3/9/2018), titik api pertama terlihat dari kawasan Jempang pada sabtu sore (1/9/2018).

Terpaan angin yang cukup kencang membuat api cepat membesar dan menyebar. Hingga Senin (3/9) pagi, kepulan asap serta api di perbukitan Gunung Bromo masih terlihat.

Selain itu, terdapat juga potret beberapa petugas yang berusaha memadamkan api.

Berdasarkan keterangan yang disertakan dalam unggahan itu, api menjadi sulit dipadamkan karena rumput kering, angin kencang, serta kondisi geografis yang berbukit-bukit.

Menurut Kepala TNBTS, John Kennedie, luas kawasan yang dilahap api mencapai puluhan hektar.

"Diperkirakan kawasan yang terbakar seluas 65 hektar," kata John Kennedie, kepala TNBTS melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (2/9) malam.

Berikut beberapa rekaman video dan foto terkait kebakaran yang melanda TNBTs dilansir dari beberapa akun Twitter dan Instagram

Terlihat, kobaran asap masih mengepul diantara lekukan-lekukan bukit di Gunung Widodaren. Bagian bawah punggung Gunung ialah bukit Teletubbies yang hangus terbakar.

Petugas Bpkd kabupaten Malang bersama warga, sedang memadamkan api di bukit Teletubbies dan Savana.

Bukit Teletubbies sendiri ialah spot favorit wisatawan untuk berfoto ria. Namun sekarang kondisinya menghitam dan banyak abu bertebaran pasca kebakaran.

Masih beberapa terihat kepulan asap dari punggung-punggung bukit. Lokasinya yang berada di atas menyulitkan petugas untuk memadamkan api.(*)

Berita ini telah tayang di suryamalang.com dengan judul "Inilah Rintangan Memadamkan Api yang Berkobar di Kawasan Gunung Bromo, Lihat Foto dan Videonya"

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2018/09/05/kondisi-kawasan-gunung-bromo-setelah-dilanda-kebakaran

No comments:

Post a Comment