Pages

Sunday, November 4, 2018

Data Black Box Lion Air JT 610 Sudah Diunduh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Sub Komite Kecelakaan Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo mengatakan, Flight Data Recorder (FDR) dari kotak hitam pesawat Lion Air JT 610 telah berhasil diunduh.

Proses unduh data dibantu National Transportation Safety Board (NTSB) Amerika Serikat, Transport Safety Investigation Biro Singapura dan Australian Transport Safety Biro.

"Update dari lab black box KNKT bahwa FDR telah berhasil di‑download," ujarnya, saat konferensi pers di kantor KNKT, Jakarta, Minggu (4/11/2018).

Menurut Nurcahyo, FDR tersebut berisi data penerbangan selama 69 jam terakhir, yang terdiri dari 19 penerbangan. Satu di antaranya data penerbangan terakhir sebelum pesawat jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Sebelumya, KNKT lebih dulu membersihkan memori FDR dari kotak hitam pesawat Lion Air JT 610. Kondisi memori FDR disebut perlu dibersihkan karena basah dan terdapat residu garam.

Baca: KNKT Berhasil Unduh Data Penerbangan Dari Kotak Hitam Lion Air JT610

Pembersihan dan pengeringan dilakukan dengan memasukan ke dalam oven secara hati‑hati agar tidak merusak data dalam memori.

Sementara itu, pencarian korban dan badan pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta‑Pangkalpinang yang jatuh di perairan Tanjung Karawang terus dilakukan.

Tim di KRI Banda Aceh menemukan turbin pesawat Lion Air JT 610 dengan nomor registrasi PK‑LQP dari perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, pada Sabtu (3/118) sore.

Turbin adalah mesin yang menopang kinerja pesawat. Bagian ini terletak tepat di bawah kedua sayap. Turbin inilah yang merupakan mesin pesawat terbang tersebut yang digunakan untuk menghasilkan gaya dorong sehingga pesawat tersebut bisa terbang.

Turbin pesawat Lion Air JT 610 tersebut telah diantarkan ke Posko Taktis Pelabuhan JICT II Tanjung Priok, Minggu (4/11).

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/11/05/data-black-box-lion-air-jt-610-sudah-diunduh

No comments:

Post a Comment