Pages

Saturday, February 2, 2019

Kapal Induk Rusia: Tak Cuma Membawa Pesawat Tempur tapi Juga Ratusan Rudal Mematikan

TRIBUNNEWS.COM - Walaupun memiliki dek untuk lepas landas dan mendarat pesawat tempur dan helikopter, sejatinya kapal induk AL Rusia Admiral Kusnetzov bukanlah kapal induk. Lho kok bisa?

Admiral Kusnetzov yang lengkapnya bernama Admiral Flota Sovetskogo Syuza Kusnetzov  dibuat di Galangan Kapal Mykolaiv, Ukraina, yang menjadi satu-satunya galangan pembuat kapal induk pada era Uni Soviet.

Desainnya sendiri disebut sebagai kapal penjelajah kelas berat yang membawa pesawat terbang (TAVKR – Tyazholly Avianesushchiy Kreyser).

Baca: Mahfud MD Tanggapi Keramaian Pemeriksaan Rocky Gerung: Sudah Overdosis, Perlu Diakhiri

Sejatinya Admiral Kusnetzov sempat dinamai Riga, lalu Leonid Brezhnev, sempat menjadi Tbilisi, lalu akhirnya Kusnetzov.

Kapal perang Rusia menembakkan rudal dari Laut Kaspia.
Kapal perang Rusia menembakkan rudal dari Laut Kaspia. (indiaexpress)

Kapal dengan bobot 55.000 ton dan ditenagai mesin CODAD ini diluncurkan pada 1985.

Sebagai kapal pembawa pesawat, Admiral Kusnetzov didesain dengan tiga posisi peluncuran untuk pesawat tempurnya, dengan metode peluncuran ski-jump.

Metode peluncuran ini mengharuskan pesawat untuk memasang afterburner dan tenaga penuh, menanjak saat melewati ujung dek yang melandai ke atas, dan lepas landas dengan tenaganya sendiri.

Dibandingkan dengan sistem ketapel energi tinggi pada kapal induk AS, teknologi Rusia ini tentu saja terlihat tertinggal.

Hal ini tentu saja menuntut kapabilitas pesawat tempur yang prima, dengan stall speed yang rendah.

Yang bisa memenuhi prasyarat ini hanya pesawat tempur dengan tenaga besar seperti Su-33 (varian maritim Su-27) atau MiG-29K.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/sains/2019/02/03/kapal-induk-rusia-tak-cuma-membawa-pesawat-tempur-tapi-juga-ratusan-rudal-mematikan

No comments:

Post a Comment