Pages

Friday, March 1, 2019

KPID Jakarta: Berita Capres Dominan di TV dan Radio, Berita Caleg Masih Minim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Agenda pemilu serentak tinggal 45 hari lagi. Menjelang pesta demokrasi rakyat Indonesia 17 April 2019 mendatang, siaran televisi dan radio masih didominasi soal pemilihan presiden.

Padahal pemilu serentak mendatang tidak hanya pemilihan presiden (pilpres) melainkan juga ada pemilihan calon anggota legislatif (pileg).

Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DKI Jakarta, Rizky Wahyuni mengungkap siaran seputar Pilpres jumlahnya cukup signifikan dari seluruh durasi pemberitaan, talkshow maupun dialog yang dihadirkan oleh stasiun TV dan radio.

Jumlah siaran bertema Pilpres dapat mencapai 80 persen dari total pemberitaan politik.

"Jauh lebih besar dibanding jumlah pemberitaan Pileg. Dari 19 TV lokal dan berjaringan nasional serta radio yang dipantau KPID DKI Jakarta, siarannya masih dominan siaran-siaran seputar Pilpres," ujar Rizky dalam pernyataan persnya, Sabtu(2/3/2019).

Rizky mengatakan, untuk televisi lokal dan radio pihaknya belum banyak dapat mengidentifikasi siaran-siaran Pemilu apalagi seputar Pileg (pemilihan legislatif).

Padahal informasi tentang Pileg ini penting untuk disampaikan agar masyarakat mengetahui proses, profil calon dan program yang akan disampaikan secara lokalistik.

"Kita ketahui Pemilu serentak nanti ada pileg tidak hanya pilpres. Justru informasi tentang pileg harusnya lebih banyak karena besarnya jumlah caleg yang berkontestasi, rumitnya cara pemilihan dan informasi lain yang dibutuhkan. Informasinya harus lokalistik, karena pemilihan berbasis daerah pemilihan, misal penduduk Jakarta butuh informasi siapa saja caleg yang mewakili wilayahnya, bagaimana track record dan program-programnya. Itu perlu disiarakan bukan hanya informasi seputar Capres dan Cawapres saja," ujar Rizky.

Baca: Ingin Jadi Pemenang Pemilu, Partai Perindo Kibarkan Sejuta Bendera di Seluruh Wilayah Indonesia

Diakuinya, memang untuk televisi lokal dan radio memiliki segmentasi tertentu dalam menyuguhkan siaran.

Hanya saja diingatkannya bahwa Pemilu serentak 2019 ini momentum pesta demokrasi dan ajang melakukan pendidikan politik kepada masyarakat.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/03/02/kpid-jakarta-berita-capres-dominan-di-tv-dan-radio-berita-caleg-masih-minim

No comments:

Post a Comment