Pages

Friday, May 3, 2019

Inilah Delapan Butir Rekomendasi Hasil Multaqo "Untuk Keselamatan Bangsa"

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Multaqo atau pertemuan antara ulama, habaib, dan cendekiawan muslim bertema “Untuk Kemaslahatan Bangsa” selesai digelar jelang tengah malam, Jumat (3/4/2019) di Hotel Kartika Chandra, Semanggi, Jakarta Pusat.

Acara yang dihadiri sekitar 600 peserta itu menghasilkan delapan butir rekomendasi dan ditandatangani sekitar 9 ulama, habaib, dan cendekiawan muslim.

Salah satunya oleh KH Manarul Hidayah yang membacakan rekomendasi tersebut.

“Yang pertama Multaqo ingin menegaskan kembali kesepakatan pendiri bangsa dan alim ulama bahwa NKRI adalah bentuk negara yang sesuai dengan Islam yang rahmatan lil alamin di Indonesia, Pancasila adalah dasar negara dan falsafah bangsa,” ucapnya.

Rekomendasi kedua yaitu mengajak umat Islam di seluruh Indonesia untuk menyambut bulan Ramadhan 2019 dengan meningkatkan ukhuwah islamiyah, menjalin silaturahmi, menghindari fitnah, dan tindakan melawan hukum atau inkonstitusional.

“Sehingga kita masuk bulan Ramadhan dalam keadaan suci dengan berharap mendapat ampunan Allah SWT dan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri,” tegasnya.

Rekomendasi ketiga yaitu mengimbau umat Islam di Indonesia untuk bersama-sama mewujudkan stabilitas keamanan dan situasi kondusif, mengedepankan persamaan di tas perbedaan selama dan sesudah Ramadhan sehingga mampu menjalankan ibadah secara khusyu’ dan penuh berkah.

Rekomendasi-rekomendasi berikutnya adalah sebagai berikut:

Keempat, menghindari provokasi pihak yang tak bertanggung jawab selama dan sesudah bulan suci ramadhan, karena hal tsersebut akan sangat mengganggu berlangsungnya ibadah di bulan suci Ramadhan, yang dapat menghilangkan pahala berpuasa di bulan ramadhan yang dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/05/04/inilah-delapan-butir-rekomendasi-hasil-multaqo-untuk-keselamatan-bangsa

No comments:

Post a Comment