Pages

Thursday, October 4, 2018

Tiga Gunung Meletus Pasca-gempa Palu, BNPB: Aman, Tidak Ada Korban, Tidak Ada Pengungsian

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Pusat data dan Informasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa tiga gunung yang meletus dalam beberapa hari terakhir dalam kondisi aman.

"Tiga gunung meletus tapi kondisinya aman. Tidak ada korban. Tidak ada pengungsian," kata Sutopo di Graha BNPB Jakarta Timur pada Kamis (4/10/2018).

Ia menegaskan bahwa meletusnya tiga gunung yakni Gunung Soputan di Sulawesi Utara, Gunung Gamalama di Maluku Timur, dan Gunung Anak Krakatau di Lampung Selatan tidak ada kaitannya dengan bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) lalu.

"Apakah ada kaitannya dengan gempa di Sulteng? Tidak ada," tegas Sutopo.

Baca: Keindahan Tersembunyi di Balik Gunung Soputan, Ada Hutan Pinus yang Jadi Lokasi Prewedding

Sebelumnya Sutopo menjelaskan mengenai beberapa faktor yang menyebabkan letusan ketiga gunung tersebut aman.

Faktor itu antara lain lokasi pemukiman yang jauh dari letusan gunung dan arah abu vulkanik seperti di Gunung Soputan dan dapur magma dan energi yang kecil di Gunung Anak Krakatau.

Sedangkan status Gunung Gamalama masih Waspada atau level 2.

Sebelumnya, Gunung Soputan meletus pada Rabu (3/10/2018) sedangkan Gunung Gamalama dan Gunung Anak Krakatau meletus pada Kamis (4/10/2018).

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/04/tiga-gunung-meletus-pasca-gempa-palu-bnpb-aman-tidak-ada-korban-tidak-ada-pengungsian

No comments:

Post a Comment