Pages

Friday, May 3, 2019

Pakai Ban FDR, Tim-tim Mahasiswa Indonesia Dominasi Ajang Shell Eco Marathon 2019

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah tim mahasiswa Indonesia yang menggunakan ban FDR mendominasi kejuaraan Shell Eco Marathon 2019 kelas Urban Concept yang diadakan di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, 29 April – 2 Mei 2019

Institut Teknologi Sepuluh Nopember mengirimkan 3 tim di kelas Urban Concept. Ketiganya meraih podium di kelasnya masing-masing.

ITS Team Sapuangin tampil sebagai juara 1 di kelas Internal Combustion Engine (ICE), tim Nogogeni juara 2 kelas Battery Electric dan Antasena juara 2 kelas Hydrogen. Semua tim tersebut menggunakan ban prototype FDR baik yang ukuran 90/80 R16 maupun ukuran 90/80-17.

Selain mendominasi kejuaraan SEM, Tim Nogogeni juga keluar sebagai juara kedua saat kualifikasi Driver’s World Championship dan menjadi salah satu wakil Asia untuk bersaing dengan perwakilan Eropa dan Amerika dalam ajang DWC 2019 yang akan digelar di London mendatang.

“Ban FDR terbukti bagus, baik ring 16 maupun ring 17, maupun pemakaiannya di mix, tiap tim ada peningkatan hasil yang memuaskan. Tim Sapuangin bisa mencapai 400km/L saat latihan menggunakan ban FDR,” ujar Vito Hanif Addinuri, non-technical manager ITS Team Sapuangin.

Baca: Penjualan New Carry Ditargetkan 5.000 Unit Per Bulan, 20 Persen dari Jabodetabek

Jimmy Handoyo, Technical Development Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industry mengatakan, ban prototype FDR berteknologi Eco Smart Tire memiliki resistensi rendah terhadap daya gelinding. “Daya gelinding ban menjadi semakin ringan dan jauh yang pada akhirnya konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat,” kata Jimmy Handoyo.

Ade Siti Fatimah, Non-technical Manager Tim Nogogeni mengatakan, timnya sempat mengalami masalah mesin saat latihan untuk DWC dan hanya memiliki waktu 15 menit untuk memperbaiki.

Akibatnya, tim ini tidak mendapat posisi start yang bagus. "Alhamdulillah kita sempat memimpin 2 lap namun, di lap terakhir kita di salip oleh tim Nanyang,” kata Ade.

Elsafan Rendianto, Promotion Departement Head PT Surayaraya Rubberindo Industries menyatakan, pihaknya bangga atas pencapaian ini. "Kami ucapkan selamat atas prestasi dari teman-teman mahasiswa. Tidak hanya berhasil jadi juara di berbagai kelas yang diikuti,” katanya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/otomotif/2019/05/04/pakai-ban-fdr-tim-tim-mahasiswa-indonesia-dominasi-ajang-shell-eco-marathon-2019

No comments:

Post a Comment