Pages

Sunday, May 5, 2019

PBNU Umumkan 1 Ramadan 1440 H Jatuh Pada Hari Senin 6 Mei 2019, Ini Penjelasan Said Aqil Siradj

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengumumkan Awal Ramadhan 1440 H jatuh pada hari Senin (6/5/2019).

Dalam surat perihal Ikhbar/Pemberitahuan Hasil Rukyatul-hilal, 5 Mei 2019 yang diterima Tribunnews.com tertulis bahwa Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama telah melaksanakan rukyah pada Minggu (5/5/2019) di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan dan berhasil melihat hilal.

Baca: Menteri Agama Pimpin Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 1440 Hijriah

Baca: Marhaban Ya Ramadan! Ini Doa Awal Bulan Ramadan yang Dibaca Rasulullah SAW Menyambut Bulan Suci

Pengumuman juga disebar lewat akun Twitter PBNU sebagai berikut:

Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama melaksanakan rukyah pada Ahad, 5 Mei 2019 di lokasi-lokasi yg sudah ditentukan dan berhasil melihat hilal.

Atas dasar itu PBNU mengikhbarkan bahwa Awal Ramadhan 1440 H jatuh pd Hari Senin, 6 Mei 2019.

Selamat memasuki bulan Ramadhan.

Pengumuman juga disampaikan oleh Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dalam siaran di Kompas TV.

"Kepada seluruh umat islam yg ada di nusantara PBNU melaporkan bahwa lembaga falaqiah melaksanakan tugas di beberapa titik untuk mencari hilal, melihat langsung dengan mata telanjang ada laporan masuk 4 titik berhasil melihat hilal," kata Said Aqil seperti yang ditayangkan Kompas TV, Minggu (5/5/2019).

Said Aqil menjelaskan, ada empat lokasi yang dilihat hilalnya dari Indonesia bagian timur sampai Indonesia bagian barat.

"Dari Indonesia timur sama sekali tidak ada yang masuk, karena mendung sangat tebal. Indonesia tengah sama, kemudian di Indonesia bagian brat di Gersik, Pantai Condrodipo, melihat hilal pada jam 17.24 menit tinggi hilal 5 derajat dan sudah disumpah oleh pengadilan agama setempat," katanya,

Di lokasi selanjutnya Tanjung Kodok Lamongan hilal terlihat pukul 17.29 WIB, dengan tinggi 5 derajat dan sudah disumpah oleh pengadilan agama setempat.

"Di Pantai Gebang Bangkalan sama, yang terkahir di Pelabuhan Ratu Sukabumi pukul 17:58 WIB, dengan tinggi hilal 5 derajat," katanya dikutip TribunJakarta.com.

"Oleh karena itu kami bisa menyimpulkan bahwa rukyatul hilal yang dilakukan di empat titik bahwa 1 Ramadan 1440 H jatuh pada besok Senin 6 Mei 2019," katanya.

"Untuk itu PBNU dan seluruh umat islam, kami ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan," kata Said.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/ramadan/2019/05/05/pbnu-umumkan-1-ramadan-1440-h-jatuh-pada-hari-senin-6-mei-2019-ini-penjelasan-said-aqil-siradj

No comments:

Post a Comment