Pages

Friday, July 5, 2019

PK Baiq Nuril Ditolak: Kronologi Kasus, Langkah Kuasa Hukum hingga Respons Jokowi

TRIBUNNEWS.COM - Masih ingat dengan korban kekerasan seksual di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Baiq Nuril Maknun? 

Kabar terbaru, upaya hukum berupa peninjauan kembali (PK) yang diajukan Baiq Nuril pada (3/1/2019) ditolak oleh Mahkamah Agung (MA). 

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara MA Hakim Agung Andi Samsan Nganro melalui keterangan tertulis pada Jumat (5/7/2019).

"Mahkamah Agung menolak permohonan peninjauan kembali pemohon atau terpidana Baiq Nuril yang mengajukan PK ke MA dengan Nomor 83 PK/Pid.Sus/2019. Dengan ditolaknya permohonan PK pemohon atau terpidana tersebut, maka putusan kasasi MA yang menghukum dirinya dinyatakan tetap berlaku," kata Andi.

Baca: Kasus Pencabulan Anak Asuh di Bekasi, H Cabuli EPJD Sejak 2018 Hingga Sempat Kelabui Tetangga

Berikut fakta-fakta seputar ditolaknya PK baiq Nuril sebagaimana dirangkum Tribunnews.com, Jumat (5/7/2019): 

1. Kronologi Kasus

Kasus ini bermula pada pertengahan 2012. 

Saat itu, Baiq yang berstatus guru honorer di SMAN7 Mataram ditelepon oleh Kepala Sekolahnya, Muslim. 

Dalam percakapan telepon itu, Muslim justru bercerita tentang pengalaman seksualnya bersama wanita lain yang buka istrinya. 

Percakapan itu juga mengarah pada pelecehan seksual pada Baiq. 

Koalisi Perempuan untuk Keadilan Baiq Nuril, mantan guru honorer yang divonis bersalah oleh Mahkamah Agung (MA) mengungkap, Nuril bukanlah satu-satunya korban pelecehan seksual.
Koalisi Perempuan untuk Keadilan Baiq Nuril, mantan guru honorer yang divonis bersalah oleh Mahkamah Agung (MA) mengungkap, Nuril bukanlah satu-satunya korban pelecehan seksual. (capture video)

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/07/05/pk-baiq-nuril-ditolak-kronologi-kasus-langkah-kuasa-hukum-hingga-respons-jokowi

No comments:

Post a Comment