Pages

Friday, July 5, 2019

Ramai di Jagat Medsos Membahas Ketik 'Monyet Cukur Rambut' di Google Muncul Foto Jokowi

TRIBUNNEWS.COM - Belakangan ramai dibicarakan di jagat media sosial tentang mesin pencari Google yang memunculkan foto Presiden Jokowi ketika mengetik "monyet cukur rambut"

Awalnya akun Facebook Gandhi Waluyan mengunggah status kalimat ajakan yang viral.

Dalam unggahannya, Gandhi menuliskan narasi sebagai berikut: "Coba ketik di google : monyet cukur rambut. Mesin pencari berita ini akan memunculkan gambar." (https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10214848711239551&id=1479746067) Sama seperti netizen lain, media ini mencoba memasukkan kata kunci "monyet cukur rambut".

Selain keluar gambar monyet sedang dicukur rambutnya, Google foto juga menampilkan gambar atau foto Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang juga sedang cukur rambut.

Tak hanya Jokowi, foto meme Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga keluar ketika memasukkan kata kunci yang sama di kolom pencarian.

Kini, postingan Gandhi sudah ramai dibagikan netizen. Postingan itu juga menuai komentar yang beragam.

Hal yang sama terjadi ketika Kompas.com mengetikkan "monyet cukur rambut" di mesin pencari Google pada Jumat (5/7/2019).

Foto Jokowi sedang dicukur rambutnya oleh pemangkas rambut dengan Iriana Jokowi di sampingnya langsung muncul di urutan pertama kumpulan gambar, sedangkan gambar Trump sedang mencukur rambut seekor monyet ada di urutan ketiga.

Mengapa bisa demikian?

Berikut penjelasan tertulis Reinardo Sinaga, Ketua Umum Hoax Crisis Centre (HCC) Kalimantan Barat, menanggapi ramainya respons warganet di wilayahnya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/techno/2019/07/05/ramai-di-jagat-medsos-membahas-ketik-monyet-cukur-rambut-di-google-muncul-foto-jokowi

No comments:

Post a Comment