Pages

Thursday, November 1, 2018

Ini Sejumlah Benda yang Ditemukan di Sekitar Kotak Hitam Lion Air PK-LQP

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain menemukan salah satu bagian kotak hitam pesawat Lion Air PK-LQP yang berisi Flight Data Recorder (FDR), Basarnas juga mendapati benda lain di dasar laut.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi.

Benda-benda tersebut antara lain beberapa bagian tubuh korban, landing gear lengkap dengan dua roda dan besi porosnya. Benda-benda tersebut ditemukan di sekitar lokasi bagian kotak hitam.

"Disitu cukup banyak serpihan-serpihan dan ada beberapa korban kita lihat, sebarannya cukup luas, kita melihat hal yang paling besar itu ada roda pesawat landing gear dengan dua ban," ujarnya di JICT 2, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Kamis (1/11/2018).

Selain itu, terdapat pula benda berupa pinggiran badan pesawat yang cukup besar berada di dasar laut. Nantinya, tim penyelam berasal dari Basarnas, TNI, Polri, satuan penyelam, juga Bakamla membagi lokasi pencarian jadi empat sektor.

Hal itu dilakukan untuk menyisir dan menjangkau benda-benda tersebut secara lebih terkoordinir.

"Ternyata barang-barang itu ada dibawah kapal yang koordinat tadi, yang kita temukan black box itu. Jadi kita mulai sapu sisir dari kapal tersebut dibagi empat. Ada kanan atas, kanan bawah, kiri atas, kiri bawah dan depan dari kapal tersebut," terangnya.

Pencarian khususnya penyelaman, lanjut Syaugi, hanya mampu dilakukan saat pagi hingga sore hari. Sebab bila malam tiba, penyelam harus naik ke permukaan karena terbentur dengan visibiltas yang kian menurun.

Dirinya berharap dengan penyisiran itu nantinya benda-benda kategori besar lainnya dapat ditemukan kembali. "Harapan kita semua bisa ditemukan lain-lain yang lebih besar kalau emang ada," pungkas dia.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/11/02/ini-sejumlah-benda-yang-ditemukan-di-sekitar-kotak-hitam-lion-air-pk-lqp

No comments:

Post a Comment