Pages

Sunday, November 4, 2018

Jokowi: Dana Desa Telah Mampu Mengentaskan Kemiskinan Sebanyak 1,2 Juta Orang

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - ‎Presiden Joko Widodo menyatakan dana desa yang dikucurkan pemerintah sejak empat tahun lalu hingga saat ini, telah mampu mengentaskan kemiskinan sebanyak 1,2 juta orang.

Jokowi menjelaskan, dana desa pertama dikucurkan pemerintah sebesar Rp 20 triliun dan kemudian setiap tahunnya mengalami peningkatan hingga total sampai mencapai Rp 187 triliun.

"Tahun depan ditambah menjadi Rp 70 triliun, ada penambahan Rp 10 triliun. Artinya pemerintah memberikan perhatian besar ke desa, tadi pak Mendes melaporkan kemiskinan turun 2 kali lipat dari kota, sebanyak 1,2 juta orang," ucap Jokowi‎ saat Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa‎ di Tangerang, Minggu (‎4/11/2018).

Baca: Jokowi: Dana Desa 2019 Lebih Dari Rp 70 Triliun

Menurut Jokowi, adanya dana desa juga turut menurunkan angka stunting atau anak mengalami pertumbuhan tidak wajar di pedesaan dari 37 persen menjadi 30 persen pada saat ini.

‎"Lalu, berapa kilo meter jalan di desa dibangun, berapa embung dibangun, sanitasi dibangun, posyandu di bandung, jembatan kecil dibangun, banyak sekali," papar Jokowi.

Berdasarkan catatan yang diterima Jokowi, dana desa telah mampu membangun 95 ribu kilo meter jalan di pedesaan, 914 jembatan kecil berhasil dibangun, dan 22 ribu akses air bersih telah terbangun.

"Saya kalau ke daerah, saya cek betul, bagaimana perkembangan, 14 ribu PAUD di bangun, pasar kecil di desa sebanyak 3.100 dibangun, oleh karena itu dampingi dana desa terus, sehingga penggunaannya tepat sasaran," ujar Jokowi.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/11/04/jokowi-dana-desa-telah-mampu-mengentaskan-kemiskinan-sebanyak-12-juta-orang

No comments:

Post a Comment