Pages

Monday, February 4, 2019

Ma'ruf Akan Bentuk Menteri Pendidikan Pesantren Jika Jokowi Kembali Terpilih

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin berharap akan ada menteri yang berfokus pada pendidikan pesantren jika Presiden Joko Widodo terpilih kembali pada Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan Ma'ruf saat bersilahturahmi di Pondok Pesantren Al-Itqon, Tlogosari, Wetan Pedurungan, Semarang, Senin (4/2/2019).

"Semoga nanti kalau Pak Jokowi terpilih lagi menjadi presiden pada periode kedua akan ada menteri pendidikan pesantren," kata Ma'ruf Amin.

Ma'ruf beralasan, keberadaan menteri di bidang pendidikan pesantren akan membuat pondok pesantren akan berkembang dan lebih maju. Tak kalah dengan pendidikan formal lainnya.

"Kalau ada menteri khusus yang membidangi pendidikan di pondok pesantren, pondok pesantren akan maju dan berkembang," ungkapnya.

Baca: Pemeran Video Mesum Bertraining SMAN 1 di Kalbar Disebut Masih di Bawah Umur

Selain itu, Ma'ruf menjelaskan, saat ini Rancangan Undang-undang Pondok Pesantren sedang dibahas di DPR RI.

"Saya mendukung diberlakukannya Undang-undang Pondok Pesantren. Saat ini, Rancangan Undang-undang Pondok Pesantren masih dibahas di DPR RI," kata Ma'ruf Amin.

Menurutnya, dalam pembahasan RUU Pondok Pesantren itu tentunya akan memunculkan aturan sistem pendidikan bagi yang ada dalam satu direktorat jenderal tersendiri.

Saat itu, Ma'ruf juga sempat menyinggung masalah anggaran biaya pendidikan dan operasional pondok pesantren.

Menurutnya, kalau sekitar Rp 10 triliun atau sekitar Rp 20 triliun dari total APBN anggaran sebesar Rp 400 triliun bisa digunakan untuk pembangunan dan operasional pendidikan di pondok pesantren, maka ponpes akan maju dan berkembang.

Dalam acara tersebut sejumlah tokoh turut hadir, antara lain pengasuh Pondok Pesantren Al-Itqon KH Ahmad Haris Sodaqoh dan KH Solahuddin Sodaqoh.

Lalu juga Rais Suriah PBNU KH Said Asrori, KH Taufiqqurrahman, dan Ketua PWNU Jawa Tengah KH Muzammil serta Wakil Ketua DPD RI Ahmad Muqowam dan anggota DPR RI Mujib Rohmat.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/02/05/maruf-akan-bentuk-menteri-pendidikan-pesantren-jika-jokowi-kembali-terpilih

No comments:

Post a Comment