Pages

Friday, March 1, 2019

Menkominfo Rudiantara Pastikan Palapa Ring Rampung Pertengahan Tahun Ini

Laporan Wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pastikan Palapa Ring rampung pertengahan tahun 2019 ini.

Hal tersebut dinyatakannya dalam acara rapat kerja nasional (rakernas) AMSI di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019.

Lelaki kelahiran Bogor 59 tahun lalu itu menjelaskan, pertengahan tahun ini hanya tinggal menyelesaikan di Papua yang sudah mencapai 91 persen.

Rudiantara mengakui, tak mudah menyelesaikan infrastruktur jarinag internet cepat itu di Papua, karena medannya cukup sulit.

"Barat udah selesai dan beroperasi sejak tahun lalu, tengah juga udah operasi sejak Januari, timur sekarang sudah 91 persen konstruksinya. Diharapkan Mei-Juni seratus persen, karena di sana medannya lebih berat. Dan integrasi keseluruhannya, barat, tengah, dan timur itu pertengahan tahun," kata Rudiantara.

Baca: XL Axiata Berikan Akses Internet Cepat ke 1.000 Sekolah

Sebagaimana diketahui, pemerintah fokus membangun Palapa Ring untuk mengejar ketertinggalan kecepatan internet.

Bila semua telah diintegrasikan, Rudiantara berharap tak ada lagi daerah yang belum tersedia jaringan internet cepat.

"Pemerintah itu fokus dengan menyediakan infrastruktur, pertama Palapa Ring. Untuk memastikan semua kabupaten/kota terhubung dengan jaringan tulang punggung, itu seperti jalan tolnya. Ini dibangun oleh pemerintah bersama dengan operator. Pertengahan tahun ini, ini semua diintegrasikan. Tidak ada lagi kabupaten/kota yang tidak terhubung dengan backbone, jaringan tulang punggung dari broad band alias internet kecepatan tinggi, internet yang ngga buffering lah," kata  Rudiantara.
 

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/03/01/menkominfo-rudiantara-pastikan-palapa-ring-rampung-pertengahan-tahun-ini

No comments:

Post a Comment