Pages

Thursday, July 4, 2019

AirAsia Menanti Diskon Harga Avtur Hingga Insentif Pajak

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - AirAsia mengapresiasi rencana pemerintah dan para stakeholder industri penerbangan untuk membantu meringankan beban operasional maskapai. Hal ini demi menurunkan harga tiket penerbangan berbiaya murah untuk rute domestik di jadwal keberangkatan tertentu.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan, kenaikan harga tiket pesawat tak lepas dari meningkatnya biaya operasional maskapai.

Menurutnya, salah satu komponen yang berkontribusi besar terhadap biaya maskapai adalah harga avtur yang mencapai sekitar 40 persen.

"Saya rasa yang kita harapkan dari pemerintah, satu dari sisi harga avtur. Ini bukan hoax, tapi memang harga avtur RI lebih mahal dibandingkan Singapura dan Malaysia," kata Dendy saat ditemui di sela acara peluncuran buku "Flying High" di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Baca: Ajang IBL 3x3 akan Digelar di Lima Kota

Baca: Masyarakat Indonesia Bisa Tonton Aksi Egy Maulana, Ada Stasiun Tv yang Minat Tayangkan Liga Polandia

Baca: Soal-soal Tes CPNS Tahun Ini Akan Mengalami Perubahan

Dendy menyebut, harga avtur di Indonesia masih lebuh mahal dibandingkan negara tetangga. Hal itu membuat sebagian maskapai lebih memilih untuk mengisi bahan bakar di luar negeri.

"Jadi kadang-kadang pesawat tank kering itu maksudnya diterbangkan ke Malaysia atau Singapura isinya lebih banyak dari pada di Indonesia," ungkapnya.

"Kalau kita lihat kalau mau cek harga avtur bisa masuk ke (situs) Pertamina tanggal 1 dan 15 keluar harganya. Harga di Denpasar pun bisa lebih mahal dibandingkan Jakarta 15 sampai 20 persen. Ini sesuatu yang harus dipikirkan," imbuhnya.

Untuk itu, Dendy berharap Pertamina sebagai penyedia avtur di tanah air bisa memberikan diskon untuk meringankan beban maskapai.

Selain itu, lanjut dia, komponen biaya yang cukup berpengaruh yaitu biaya sewa dan perawatan pesawat. Kontribusinya bisa mencapai 24 persen dari total struktur biaya maskapai.

Dua kompenen itu kan dalam dolar. Memang kita avtur Pertamina rupiah. Tapi kan mereka memberikan harga berdasarkan harga miyak dunia dalam dolar," ujarnya.

Dendy mengatakan, pihaknya menanti insentif pajak yang tengah difinalisasi pemeritnah.

"Jadi diharapkan ada insentif fiskal ya dari sisi perpajakan. Kalau itu betul-betul direalisasikan itu sangat membantu," pungkasnya.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/bisnis/2019/07/05/airasia-menanti-diskon-harga-avtur-hingga-insentif-pajak

No comments:

Post a Comment