Pages

Wednesday, October 3, 2018

Ramalan Gempa Megathrust Guncang Jakarta hanya Hoax Alias Kabar Bohong, Ini Penjelasan BMKG

TRIBUNNEWS.COM - Kabar bohong atau hoax kembali beredar lewat jejaring pesan elektronik whatsapp dan menimbulkan keresahan di masyarakat.

Kali ini pesan tersebut berisi imbauan tentang prediksi gempa besar alias ramalan gempa megathrust.

Dalam pesan tersebut dikatakan hari ini Lombok sudah tiga kali diguncang gempa berkekuatan besar, yakni 6.5, 6.0, dan 7.

Pesan tersebut mengatakan bahwa BMKG menyebut Pulau Jawa khususnya Jakarta diperkirakan akan diguncang gempa dengan kekuatan 8,9.

Baca: Ibu Rumah Tangga Ditangkap Polisi Gara-gara Sebar Hoaks Soal Ancaman Gempa Maha Dahsyat

Berkaitan dengan beredarnya pesan tersebut, Daryono selaku Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG mengatakan pesan tersebut adalah berita bohong.

"Enggak ada, enggak ada alat atau alat yang bisa meramal seperti ini," kata Daryono dihubungi Kompas.com, Selasa (2/10/2018).

Narasi yang beredar

Lombok dalam sehari ini sudah dilanda Gempa sebanyak 3x dengan kekuatan 6,5 - 6,0 - 7,0 SR jika Gempa berkelanjutan hingga besok maka perkiraan BMKG mengenai MEGATHRUST Pulau Jawa sangat mungkin terjadi khsusnya Jakarta yg diperkirakan besarnya mencapai 8,9SR.

Hati2...selalu waspada, siapkan surat2 dan segala yg penting dalam satu tas...bila terjadi gempa segera keluar dari bangunan kearah lapangan, kalau gak sempat lgsg diem dibawah meja..

Hari ini :
Gempa hawai 8.2
Gempa jepang di Fiji 8.2
Gempa jepang 6.4
Gempa Lombok 7.0
Smuanya hari ini..

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/03/ramalan-gempa-megathrust-guncang-jakarta-hanya-hoax-alias-kabar-bohong-ini-penjelasan-bmkg

No comments:

Post a Comment