Pages

Friday, February 1, 2019

Jokowi: Jika Ada Bencana, Gubernur Jadi Komandan Satgas Darurat

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - ‎Presiden Jokowi membuka langsung rapat koordinasi nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jatim Expo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/2/2019).

Rapat dengan tema : Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita ini dihadiri oleh 4000 peserta mulai dari ‎gubernur, bupati, wali kota, Bappeda, Ketua Komisi VIII DPR RI, Kepala BPBD se-Indonesia hingga para Kapolda.

Dalam pengarahannya, Jokowi menegaskan apabila ada kejadian bencana maka otomatis yang akan menjadi komandan satgas darurat adalah Gubernur.

"Ada kejadian bencana maka ini otomatis haarus tahu semua, gubernur akan jadi komandan sargas darurat. Juga Pangdam dan Kapolda jadi wakil komandan satgas untuk bantu gubernur. Jangan dikit-dikit naik ke pusat," tegas Jokowi.

Selanjutnya Jokowi juga menyinggung soal pembangunan peringatan dini terpadu yang berbasis rekomendasi dari para pakar dan akademisi.

"‎Pada kesempatan ini saya minta Pak Doni (Kepala BNPB) koordinasikan semua kementerian dan lembaga terkait sistem peringatan dini terwujud," ujar Jokowi.

Baca: Titiek Soeharto Selfie Bareng Prabowo, Makin Lengket?

Terakhir mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta agar edukasi kebencanaan harus dimulai tahun ini di sekolah-sekolah yang terletak di daerah rawan bencana.

Edukasi kebencanaan, tambah Jokowi bisa pula melalui para pemuka agama maupun memasang pappan peringatan serta rute evakuasi.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/02/02/jokowi-jika-ada-bencana-gubernur-jadi-komandan-satgas-darurat

No comments:

Post a Comment