Pages

Monday, February 4, 2019

Menkes Ajak Masyarakat Terapkan Gaya Hidup 'CERDIK' Saat Peringatan Hari Kanker se-Dunia 2019

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila F Moelok bersama-sama dengan jajarannya dan lembaga maupun asosiasi yang peduli dengan kanker memperingati hari kanker se-dunia, Senin (4/2/2019).

Mengusung tema ‘Saya adalah dan Saya Akan’ (I Am and I Will), Menkes mengingatkan masyarakat untuk berperilaku sehat guna menghindari kanker.

Ajakan hidup sehat itu mengingat tingginya jumlah penderita kanker di Indonesia.

Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 dari 1000 penduduk 1,8 persen penduduk mengidap kanker.

Baca: Diduga Korupsi Rp 143 Juta, Kepala Desa Tobotani Ditangkap

“Kanker hasil riskesdas meningkat dari 1,4 per 1000 penduduk, ternyata tahun 2018 Riskesdas terbaru meningkat jadi 1,8 berarti kita tidak berubah,” kata Nila di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (4/1/2019).

Adapun jenis kanker yang paling banyak diidap masyarakat Indonesia adalah kanker serviks, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

Maka dari itu Nila mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ‘CERDIK’ yang merupakan singkatan dari Cek kesehatan berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet, Istirahat yang cukup, dan kelola stres.

Baca: Puluhan Ribu Musisi Siap Gelar Aksi jika RUU Permusikan Disahkan

Nila menyebut untuk rokok masih menjadi penyebab utama kanker, terutama bagi kanker paru-paru yang biasa diidap pria.

“Kita semua jadi agen perubahan, kita harus mengingatkan perilaku hidup sehat, sampai rumah suami merokok suruh dipinggir pantai jauh-jauh dari kita,” kata Nila.

Sementara untuk aktivitas fisik disarankan 30 menit per hari dan kalau diet tetap usahakan kalori yang masuk dalam tubuh tetap seimbang.

Baca: Karen Agustiawan: Direksi Pertamina Setujui Akuisisi Blok BMG Australia

“Rajin aktivitas fisik, 30 menit sehari boleh lah. Diet sehat dengan kalori seimbang, dan Istirahat yang cukup,” kata Nila.

Pengelolaan stres juga menjadi hal yang ditekankan Menkes, karena banyaknya permasalahan yang dapat menyebabkan stres seperti kerjaan, jalanan dan terlebih saat ini Indonesia tengah memasuki musim politik.

“Kelola stres, jangan semua dibawa stres, apalagi situasi poltik, jangan percaya hoax,” ujar Nila.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/02/04/menkes-ajak-masyarakat-terapkan-gaya-hidup-cerdik-saat-peringatan-hari-kanker-se-dunia-2019

No comments:

Post a Comment