Pages

Friday, March 1, 2019

India-Pakistan: Apa yang terakhir kali terjadi saat ketegangan kedua negara meningkat, bagaimana suasana sekarang?

Ketegangan antara India dan Pakistan, keduanya berkekuatan nuklir, semakin serius dan terus memburuk.

Pakistan menyatakan telah menjatuhkan dua jet Angkatan Udara India di tengah konflik besar di Kashmir. Islamabad juga menyatakan telah menangkap seorang pilot setelah salah satu pesawat jatuh di wilayah Pakistan.

India memastikan hilangnya pesawat tempur MiG21 dan mengakui hilangnya satu pilot dan mengatakan mereka sedang menyelidiki sejumlah laporan penangkapannya.

Sementara itu, Pakistan menyangkal pernyataan India bahwa salah satu jetnya ditembak jatuh.

Serangan udara di sepanjang Line of Control (LoC) yang memisahkan wilayah India dan Pakistan ini adalah serangan pertama sejak perang tahun 1971, dan terjadi setelah serangan milisi di Pulwama, Kashmir India pada bulan Februari lalu.

Pada peristiwa tersebut, 40 pasukan India terbunuh - kejadian yang paling banyak memakan korban tewas untuk anggota militer India, selama 30 tahun pemberontakan melawan pemerintahan India di Kashmir.

Kelompok yang bermarkas di Pakistan telah menyatakan bertanggung jawab atas serangan itu.

Wartawan BBC di Delhi, Soutik Biswas, mengatakan tantangan bagi India dan Pakistan saat ini adalah mengendalikan aksi penyerangan baru sebelum hal-hal menajdi tidak terkontrol.

Di Pakistan, Perdana Menteri Imran Khan berbicara kepada rakyatnya dan mendesak upaya untuk meredakan konflik dan dilakukannya kembali dialog.

Terakhir kali India dan Pakistan bentrok

Serangan milisi pada tanggal 14 Februari di Pulwama.
Getty Images
Serangan milisi pada tanggal 14 Februari di Pulwama.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/internasional/2019/03/02/india-pakistan-apa-yang-terakhir-kali-terjadi-saat-ketegangan-kedua-negara-meningkat-bagaimana-suasana-sekarang

No comments:

Post a Comment