Pages

Saturday, December 1, 2018

Kapolri Hadiri Acara Silaturahmi Rohaniawan dan Cendekiawan Lintas Agama

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menghadiri acara Silaturahmi Rohaniawan dan Cendekiawan Lintas Agama untuk Indonesia Bersatu, Rukun, dan Damai yang diselenggarakan di Pesantren Modern Internasional Dea Malela, Kabupaten Sumbawa, NTB.

Tito Karnavian didampingi oleh Asrena Kapolri, Kadivpropam Polri, Kadivhumas Polri dan beberapa pejabat Mabes Polri.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Prof. Dr. K.H. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, M.A., selaku Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Dea Malela ini, diikuti oleh 29 Rohaniawan dan Cendekiawan dari berbagai kalangan.

Di antaranya hadir Tokoh MUI, Prof. Dr. Azyumardi Azra dan Dr. Anwar Abbas, M.M., dari Cendekiawan Muslim di antaranya Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Prof. Dr. R. Siti Zuhro, Drs. Usamah Hisyam, dan K.H. Kikin A. Hakim.

Kemudian dari Cendekiawan Nasrani di antaranya Pdt. Dr. Bambang Widjaja dan Yakobus Stefanus Muda, S.P., dari Cendekiawan Hindu di antaranya Drs. I Nyoman Udayana dan Dr. I Gede Rudia Adiputra, M.Ag., dari Cendekiawan Budha di antaranya Prof. Dr. Philip K. Wijaya, serta Cendekiawan Konghucu di antaranya Drs. Uung Sendana, M.Ag.

Pada sesi dialog yang dibuka oleh Sirajuddin, Kapolri menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut sebagai bagian dari upaya untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan semangat kerukunan antar umat beragama.

"Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan, terlebih dalam menghadapi beberapa agenda penting nasional ke depan, antara lain pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, serta pengamanan Pemilu tahun 2019," ujar Tito, dalam keterangannya, Minggu (2/12/2018).

Sehubungan dengan konteks tersebut, ia berharap para rohaniawan dan cendekiawan dapat berperan aktif dalam merawat persatuan dan kesatuan bangsa dengan mengintensifkan dialog antar tokoh agama.

Para rohaniawan dan cendekiawan yang hadir turut menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan ini.

Selain itu mereka turut serta berkomitmen untuk mendukung upaya Polri dalam mewujudkan Pilpres dan Pileg tahun 2019 yang sejuk, aman, damai, dan kondusif melalui aspek kerukunan antar umat beragama.(*)

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/12/02/kapolri-hadiri-acara-silaturahmi-rohaniawan-dan-cendekiawan-lintas-agama

No comments:

Post a Comment