Pages

Saturday, November 3, 2018

#LovingNotLabelling - Mengenal Efek Labelling pada Anak di Coaching Clinic Hypnotalk

 #LovingNotLabelling, Simak Ilmu, Manfaat dan Keseruan yang Didapat di Acara Coaching Clinic Hypnotalk

TRIBUNNEWS.COM - Kalimat, ungkapan pujian, dengan kata-kata tertentu bisa merujuk pada tindakan labelling yang justru memiliki pengaruh negatif pada perkembangan kualitas dan konsep diri anak.

Padahal, kata-kata pujian seperti kata ‘cantik’, ‘tampan’, ‘pintar’, dan masih banyak lainnya, yang diberikan orangtua kepada ditujukan sebagai harapan kata-kata tersebut akan menjadi doa dan bisa terwujud di masa mendatang.

Menurut Ajeng Raviando, Psi, seorang Psikolog Anak dan Keluarga saat diwawancara Nakita.id, mengatakan, saat ini tindakan labelling tidak hanya menggunakan kata-kata negatif seperti ‘malas’, ‘nakal’, ‘bodoh’, tetapi juga kata-kata positif, seperti ‘cantik’, tampan, ‘pintar’, dan lainnya.

Ia bahkan mengaku, saat ini lebih sering menemui orangtua melabel anaknya dengan kata-kata yang positif dibandingkan dengan kata-kata negatif.

Padahal kedua hal tersebut sama-sama berbahaya terhadap kualitas hidup dan konsep diri anak.

Baca Juga : #LovingNotLabelling, Labelling yang Dilakukan Orangtua Terbukti Menurunkan Konsep Diri Anak!

"Mungkin maksudnya orangtua ingin memotivasi anak, sayangnya jika labelling tersebut tidak sesuai dengan potensi anak justu kasihan untuk si anak. Dirinya tidak tahu potensinya dia dimana,” ujar Ajeng saat ditemui Nakita.id di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin (10/9/2018).

Baca Juga : Keseruan Anak Belajar Sambil Bermain di Acara Coaching Clinic Hypnotalk #LovingNotLabelling

Senada dengan Ajeng, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Psi., Psikolog Anak dan Keluarga, dari Universitas Indonesia, saat diwawancara Nakita.id, menjelaskan bahwa efek labelling itu tidak melulu negatif, ada juga yang positif.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/lifestyle/2018/11/03/lovingnotlabelling-mengenal-efek-labelling-pada-anak-di-coaching-clinic-hypnotalk

No comments:

Post a Comment