Pages

Sunday, December 2, 2018

Pakai Dana APBN 20189, Kementerian PUPR Akan Kebut Infrastruktur di Selatan Jabar

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan akan menggenjot pembangunan infrastruktur jalan di wilayah selatan Jawa Barat mulai tahun depan. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyampaikan, percepatan pembangunan infrastruktur jalan di selatan Jawa Barat mutlak dilakukan untuk mengejar ketertinggalan dengan wilayah lainnya di Jawa Barat yang infrastruktur jalannya sudah lebih baik.

Untuk itu, Basuki akan menggelar rapat koordinasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

“Jalan-jalan di Bandung Selatan, itu kita akan kerjakan, nanti malam juga dengan beliau (Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil), akan kita koordinasikan program yang menjadi prioritas untuk Jawa Barat bagian Selatan,” kata Menteri Basuki, saat menghadiri acara pembukaan peringatan Hari Bakti PU ke-73 di pelataran Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Minggu (2/12/2018). 

Basuki menambahkan, pembangunan infrastruktur selatan Jawa Barat akan bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2019.

Sebab, pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat telag menyetujui anggaran Kementerian PUPR dalam APBN 2019 sebesar Rp 110,7 triliun, meningkat dari anggaran tahun ini sebesar Rp 107,4 triliun. 

Baca: Nostalgia Maruli Tampubolon saat Nonton Balapan Vespa

Untuk konektivitas, Kementerian PUPR di tahun depan juga akan melanjutkan progres pembangunan ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, yang kemarin telah diresmikan seksi pertamanya, Ciawi-Cigombang. Nantinya ruas tersebut akan diteruskan ke Ciranjang hingga ke Padalarang.

Pembangunan jalan tol tersebut bertujuan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas dari Jakarta menuju Bandung yang biasanya melalui Tol Cipularang. “Mudah-mudahan 2020 bisa selesai,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengapresiasi kinerja cepat Kementerian PUPR dalam membangun beragam infrastruktur di Jawa Barat.

Ia menilai dengan membangun pelbagai infrastuktur itu akan mendukung konektivitas sehingga bisa mendorong aktivitas perekonomian di daerah.

“Ekonomi kita akan maju, ada konektivitasnya hadir, ada konektivitas ada ekonomi, tidak ada konektivitas tidak ada ekonomi,” tukasnya.
 

-- 

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/12/03/pakai-dana-apbn-20189-kementerian-pupr-akan-kebut-infrastruktur-di-selatan-jabar

No comments:

Post a Comment