Pages

Saturday, January 5, 2019

Agenda Hari Ini, Cawapres Ma'ruf Amin Sambangi Makam Kramat Empang di Kota Bogor

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Wakil Presiden nomor urut satu, K.H Ma’ruf Amin hari ini menyambangi ke Makam Kramat Empang, di Jalan Lolongok, RT 02 RW 04, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (5/1/2019).

Kyai Ma'ruf Amin disambut Khalifah Empang, Habib Abdullah Bin Hussein bin Abdullah bin Muhsin Al Attas (Cicit dari Sohibul karomah, Habib Abdullah bin Muhsin Alatas), sejumlah Habaib sepuh dari sekitar Kota Hujan dan Wakil Walikota Bogor, Dedie Rachim serta sejumlah pengurus Nahdlatul Ulama Kota Bogor.

“Ini ziarah saja. Di Empang ini salah satu tonggak peradaban Islam di Kota Bogor. Pengaruhnya hingga penjuru Nusantara. Karena selain mengajar, beliau juga menulis sejumlah kitab dan rayon atau kumpulan doa yang banyak dibaca oleh para santri. Kalangan Nahdliyyin biasa berziarah, salahsatunya ke makam Kramat Empang ini,” ungkap Ma'ruf Amin seperti keterangan pers tertulis yang dikirim ke redaksi Tribunnews, Sabtu (5/1/2019).

Di kawasan Kramat Empang juga terdapat Masjid An-Noer Alatas, masjid tertua di Kota Bogor, yang dibangun sekitar tahun 1828 M. Di dekat Masjid tersebut Habib Kramat Empang dimakamkan.

Baca: Khawatir Merusak Kelestarian Situs Budaya, Sri Sultan Minta Proyek Tol-Bawen-Yogya Lewati Ring Road

Di samping makam Habib Kramat, terdapat enam makam lainnya. Yakni makam Habib Zein Bin Abdullah, Habib Husein Bin Abdullah, Habib Abu Bakar Bin Abdullah, Habib Syarifa Nur binti Abdullah, Habib Alwi Bin Muhammad Al Hadad.

Kali ini, Khalifah Empang membawa Kyai Ma'ruf Amin ke kubah Kramat (ruangan khusus untuk berdoa, di dalam maqbarah), juga ke rumah pusaka yang dulu ditempati oleh Habib Kramat Empang. 

Baca: Film-film Buatan Marvel Kalah Populer Dibandingkan Dilan 1990 di Situs Pencarian Google

Di rumah pusaka, Ma'ruf Amin bercengkrama dengan para Habaib dan dijamu secara khusus. “Kyai di sini cukup minum air putih dan jus pepaya saja. Nanti makannya di rumah saya. Di rumah saya kyai harus makan, apapun itu. Saya ingin menjamu khusus,” kata Khalifah Empang.

Sepanjang kunjungan, Khalifah Empang selalu menggenggam lengan Ma'ruf Amin sambil membincangkan banyak hal. Dari makanan kesukaan, hingga kondisi keumatan.

Saat berziarah dalam kubah Kramat Empang, Habib Abdullah selaku tuan rumah, meminta KMA untuk memimpin doa. Namun, dengan rendah hati, Ma'ruf Amin menolaknya. Doa kemudian dilakukan sendiri oleh Khalifah Empang seraya mengirimkan bacaan Fatihah, khusus untuk Kyai Ma'ruf Amin dan Presiden Jokowi. “Bibarokatil Fatihah, semoga Allah melindungi dan selalu membimbing Kyai Ma'ruf dan Presiden Joko Widodo,” imbuhnya di tengah doa.

Usai berdoa, Habib Abdullah kembali meminta Ma'ruf Amin memimpin doa dan kemudian diiyakan.

Makam Kramat Empang ini juga sering dikunjungi oleh Presiden Jokowi dan para tokoh agama dan sejumlah Kepala Daerah, di antaranya, Gubernur Ridwan Kamil dan Para Bupati Walikota juga sering ke sini.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2019/01/05/agenda-hari-ini-cawapres-maruf-amin-sambangi-makam-kramat-empang-di-kota-bogor

No comments:

Post a Comment