Pages

Saturday, January 5, 2019

Sebagian Warga Sebesi Pilih Pulang ke Pulau

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNNEWS.COM, LAMPUNG – Sebagian warga pulau Sebesi yang sempat mengungsi ke darat pasca tragedi tsunami selat Sunda pada sabtu (22/12) malam silam, mulai kembali ke pulau.

Sabtu (5/1) siang, terlihat belasan warga dari pulau Sebesi yang sempat mengungsi lebih dari sepekan hendak kembali ke pulau melalui dermaga Canti di pesisir Rajabasa.

Menurut Asep, salah seorang pengungsi yang hendak kembali ke pulau, warga mulai jenuh karena kepikiran harta benda mereka yang ditinggalkan serta kebun garapan mereka.

“Di pengungsian tidak ada yang kita kerjakan. Sementara rumah kita tinggal. Kebun juga sudah lama tidak dilihat,” kata dia.

Menurutnya, warga berani pulang ke pulau karena mendapati kondisi GAK kini yang relatif sudah menurun meski masih mengeluarkan asap debu dari aktivitas vulkaniknya.

Namun kondisinya tidak seperti pasca tragedi tsunami lalu.

Baca: Info BMKG: Gempa M 5,7 Guncang Talaud Sulawesi Utara, Tidak Berpotensi Tsunami

“Kita beharap kondisi GAK kembali normal seperti semula. Kita tidak lagi khawatir akan dampak dari letusannya,” terang Asep.

Terserang ISPA dan Gatal-gatal

Warga Pulau Sebesi dan Sebuku yang kini mengungsi di lapangan tenis Indoor Kalianda mulai banyak yang mengalami gangguan gatal-gatal.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/regional/2019/01/05/sebagian-warga-sebesi-pilih-pulang-ke-pulau

No comments:

Post a Comment