Pages

Friday, February 1, 2019

4,5 Jam Rocky Gerung Jalani Pemeriksaan di Polda Metro Jaya

Laporan Reporter Warta Kota, Budi Sam Law

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan dosen filsafat Universitas Indonesia (UI) Rocky Gerung menjalani pemeriksaan penyidik Polda Metro Jaya selama 4,5 jam dalam kasus pelaporan dugaan penodaan agama.

Rocky Gerung keluar dari ruang pemeriksaan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jumat (1/2/2019) malam sekitar pukul 20.40 WIB setelah menjalani pemeriksaan sejak pukul 16.00 WIB.

Rocky Gerung datang ke Polda Metro Jaya dan keluar ruangan didampingi tim kuasa hukumnya.

Dia dimintai klarifikasi atas laporan dugaan penodaan agama, akibat pernyataan Rocky bahwa kitab suci fiksi di acara Indonesia Lawyer Club (ILC) di TV One, April 2019 lalu

Menurut Rocky Gerung, ada dua hal substansi yang ditanyakan penyidik dalam klarifikasi ini.

"Intinya adalah mencari klarifikasi tentang istilah fiksi. Rupanya pelapor gagal paham membedakan antara fiksi dan fiktif," kata Rocky Gerung usai memberi klarifikasi ke penyidik Polda Metro Jaya.

Baca: Fadli Zon: Grasa-grusu, Pemerintah Saat Ini Memang Amatiran

"Padahal sudah berkali-kali saya terangkan bahkan sangat jelas disitu, bahwa fiksi itu adalah energi untuk mengaktifkan imajinasi. Dan itu penting dan baik. Beda dengan fiktif yang cenderung mengada-ada. Jadi itu intinya," lanjutnya.

Kemudian, Rocky mengaku ia menerangkan bahwa dirinya adalah peneliti dan pengajar, sehingga memaknai kata fiksi termasuk kata kitab suci sebagai konsep.

Baca: Kalahkan Kasus e-KTP, Kerugian Negara Akibat Korupsi Bupati Kotawaringin Timur Rp 5,8 Triliun

"Itu konteksnya adalah untuk mengajarkan dengan metodologi yang disebut Silogisme Eskatologik. Jadi, ini suatu kasus yang sebenarnya disidangkan di ruang seminar itu. Bukan dilaporkan oleh yang bersangkutan itu. Ya yang bersangkutan pasti kurang pengetahuan dan kecerdasan. Jadi itu intinya,* papar Rocky.

Ia mengatakan, total ada 20 pertanyaan yang diajukan penyidik dalam klarifikasi ini. "Semuanya ada 20 pertanyaan," kata Rocky Gerung.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/02/02/45-jam-rocky-gerung-jalani-pemeriksaan-di-polda-metro-jaya

No comments:

Post a Comment