Pages

Monday, July 1, 2019

Isu Sensitif, Kemenag Minta Masyarakat Tak Terpancing Video Viral di Masjid Al Munawarah Sentul

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama RI mengingatkan masyarakat agar tidak terpancing terhadap kasus perempuan membawa anjingnya masuk ke Masjid Al Munawarah Sentul yang terjadi baru-baru ini.

Peristiwa tersebut potensial menggangu kerukunan kehidupan beragama karena terkait dua hal yang sensitif dalam ajaran Islam, yakni anjing dan rumah ibadah.

“Anjing adalah hal sensitif bagi umat Islam, terutama di Indonesia yang mayoritas bermazhab Syafi'i. Masjid, sebagaimana halnya rumah ibadah agama lain, juga tempat yang disucikan. Ketika ada anjing masuk ke masjid, wajar jika umat Islam terusik,” terang Kabid Harmonisasi Umat Beragama pada PKUB Kemenag, Wawan Djunaedi di Jakarta, Senin (1/7/2019).

Lebih lanjut Wawan menyesalkan, peristiwa viral di media sosial tersebut dan umat Islam diharap tidak terpancing untuk bertindak anarkis dan menyerahkan penyelesaian masalah ini pada aparat.

Baca: Penjelasan Polisi Tentang Video Viral Wanita Depresi Bawa Anjing Masuk Sebuah Masjid di Bogor

“Kita percayakan pada proses hukum. Aparat diharapkan bertindak proporsional dan adil,” tegasnya.

Sejauh ini Kementerian Agama mengapresiasi pihak kepolisian yang tengah menangani persoalan ini.

Baca: Catat, 10 Janji yang Pernah Diucapkan Jokowi-Maruf Jika Terpilih Pimpin Indonesia 2019-2024

Lanjut Wawan, Kemenag juga telah melakukan komunikasi dengan tokoh agama terkait untuk mendinginkan suasana.

“Peristiwa ini bisa menjadi pembelajaran bersama tentang pentingnya sikap saling memahami pokok-pokok dan hal-hal sensitif dalam tiap agama. Semoga masalah ini cepat tuntas dan tidak terulang, sehingga kerukunan antar umat beragama tetap terjaga,” tuturnya.

Baca: Bebas dari Penjara, Vanessa Angel Langsung Dapat Hadiah iPhone dan Kontrak Kerja

Ke depan, kata Wawan, Kemenag besama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) akan terus memperkuat sinergi dalam meningkatkan kualitas kerukunan intra dan antar umat beragama di Indonesia.

Let's block ads! (Why?)

http://www.tribunnews.com/nasional/2019/07/02/isu-sensitif-kemenag-minta-masyarakat-tak-terpancing-video-viral-di-masjid-al-munawarah-sentul

No comments:

Post a Comment